Ini Tentang Hidup

Hidup bukanlah tentang menjadi siapa yang paling sukses. Bukan tentang seberapa banyak teman yang kita miliki. Atau bukan tentang berapa bilangan orang yang mengenal kita. Pun bukan tentang seberapa diterima atau tidaknya kita. Bukan tentang apakah kita memiliki rencana di akhir pekan ini. Atau apakah kita masih sendiri atau tidak? Ini bukan tentang siapa yang dekat dengan kita atau bahkan bila kita tak pernah bersama siapa pun. Ini bukan tentang siapa keluarga kita atau berapa banyak uang yang kita miliki. Bukan juga tentang mobil atau rumah yang kita punya. Atau kemana kita mendapatkan pendidikan. Atau juga seberapa jauh kita melakukan perjalanan. Bukan.

Ini bukan tentang seberapa menariknya kita. Atau pakaian apa yang kita kenakan, sepatu apa yang kita pakai, atau jenis musik apa yang kita dengarkan. Ini bukan tentang apakah rambut kita lurus, keriting, bergelombang, atau bahkan tak memilikinya sama sekali. Atau apabila kulit kita terlalu terang atau terlalu gelap.

Ini bukan tentang nilai yang kita dapatkan, seberapa pintar kita, atau seberapa jauh orang lain berpikir seberapa pintar kita. Atau jika guru/dosen atau atasan menyukai kita, atau jika dia yang kita taksir menyukai kita atau sebaliknya. Atau di kelompok mana kita berada atau seberapa bagus kita dalam olahraga. Ini bukan tentang apa yang tertulis di ‘selembar kertas’ tentang kita yang seakan-akan mewakili keseluruhan hidup kita.

nicholas-kwok-225380-unsplash

Tetapi hidup adalah tentang siapa yang kita cintai dan siapa yang kita sakiti. Ini tentang siapa yang membuat kita sukacita atau tidak bahagia. Ini tentang menjaga atau mengkhianati kepercayaan. Ini tentang persahabatan, tentang apa yang kita katakan, mungkin menyakitkan atau membesarkan hati. Tentang memulai gunjingan dan berkontribusi pada gosip kecil di sekitar. Ini tentang opini kita terhadap orang lain dan kepada siapa kita sebarkan.

Ini tentang siapa yang kita abaikan dengan sengaja. Ini tentang kecemburuan, ketakutan, rasa sakit, ketidaktahuan, dan prasangka yang terkadang tidak pada tempatnya. Ini tentang rasa benci dan sayang, lalu membiarkannya tumbuh dan menyebarkannya.

Tapi yang terpenting, ini tentang menggunakan hidup kita untuk menyentuh dengan lembut atau malah menyesatkan hati orang lain sedemikan rupa, karena hal ini tidak akan terjadi dengan sendirinya. Hanya kita yang memilih cara hati ini dipengaruhi dan mempengaruhi. Memilih dengan bijak, itulah yang menjadi inti dari hidup. Ini tentang hidup. Pertanyaannya, apakah kita sudah memilih hal yang benar sesuai hati nurani? (*)

 

One thought on “Ini Tentang Hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.